Nabi Muhammad Sebagai Pembawa Rahmatan Lil'alamin

by Maria Assimbany on 05:35 PM, 21-Jan-13

Category: Islami


Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin, segala puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas anugerahNya sehingga saya berkesempatan memasuki bulan Rabi'ul Awal ini, bulan kelahiran Nabi kita Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wasallam. Tak lupa shalawat serta salam saya haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wasallam beserta keluarga dan para shahabatnya.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wasallam diutus ke muka bumi ini untuk menyampaikan risalah Allah yang ditujukan untuk seluruh umat manusia di dunia. Tidak seperti agama yang dibawa oleh para nabi sebelumnya yang khusus untuk waktu dan bangsa tertentu, misalnya agama yang dibawa oleh Nabi Isa 'Alayhissalam khusus untuk bangsa Israil. Namun agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wasallam berlaku untuk seluruh umat manusia di dunia sepanjang masa hingga akhir zaman.

Sedikit kilas balik tentang sejarah perjuangan beliau. Sebelum Nabi lahir, bangsa Arab hidup dalam kegelapan, kebodohan, kemiskinan, yang disebut zaman jahiliyah. Segala macam kejahatan dan kemaksiatan mewarnai kehidupan mereka sehari-hari. Tak ada hukum yang mengatur kehidupan mereka. Dalam bidang akidah pun mereka telah menyimpang jauh dari ajaran agama yang disampaikan oleh Nabi Ibrahim 'Alayhissalam.

rahmatan-lilalamin.jpg

Namun keadaan tersebut dapat diberantas setelah kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wasallam. Dengan hati-hati, lemah lembut, kasih sayang, dan penuh kesabaran, beliau mengajak mereka ke jalan yang lurus. Merubah kehidupan masyarakat dari alam kegelapan ke alam yang terang benderang. Kedatangan beliau benar-benar membawa rahmat, bukan saja untuk bangsa Arab namun untuk seluruh alam semesta sebagaimana firman Allah:

"Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." (QS. Al Anbiya': 107).

Sebagai pembawa rahmat, Rasulullah Shallallahu 'Alayhi Wasallam merupakan obor dunia yang takkan pernah padam. Beliau membimbing manusia agar berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan beliau diutus ke muka bumi.

"Sesungguhnya aku (Muhammad) diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia." (HR. Ahmad).

Rasulullah Shallallahu 'Alayhi Wasallam tak cuma menyuruh umatnya supaya berakhlakul karimah, namun beliau sendiri memiliki akhlak dan sifat-sifat yang patut dijadikan suri tauladan bagi umatnya.

"Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang-orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan hari akhir serta selalu berdzikir kepada Allah sebanyak-banyaknya." (QS. Al Ahzab: 21).

Bahkan Allah memuji beliau dalam firmanNya:

"Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS. Al Qalam: 4)

Sebagaimana telah saya singgung di awal bahwa bulan ini adalah bulan kelahiran Nabi tepatnya tanggal 12 Rabi'ul Awal. Di bulan ini merupakan kesempatan kita untuk mengungkapkan bahkan mempertegas kecintaan kita terhadap Rasulullah Shallallahu 'Alayhi Wasallam yaitu dengan memperingati hari kelahiran beliau.

Alhamdulillah di tempat saya tinggal ini sangat gencar diadakan peringatan maulid Nabi. Yaitu pembacaan Maulid Barzanji maupun Diba'i di masjid dan tiap musholla, ada yang dilaksanakan ba'da Maghrib ada yang ba'da Isya'. Belum lagi Muludan Akbar keliling asuhan Al Mukarram Al Habib Luthfi bin Yahya menambah semaraknya peringatan Maulid Nabi. Ini semua adalah wujud kegembiraan dan kecintaan kepada Rasulullah.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menginspirasi kita untuk meneladani akhlak Rasulullah yang mulia. Mari kita jadikan beliau sebagai tokoh idola dan panutan kita dalam berperilaku sehari-hari, sebagai bentuk mahabbah kita kepada beliau.

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

44 responses to "Nabi Muhammad Sebagai Pembawa Rahmatan Lil'alamin"

Maria [05:39 PM, 21-Jan-13]

Sekedar mengingatkan, menjawab salam hukumnya wajib, jadi sebelum berkomentar silakan menjawab salam dahulu. Trims smile

yoga [06:10 PM, 21-Jan-13]

Kunjungan perdana sob .
Yang pengen pasang guestbook forum di blog kunjungi http://ghotic.yn.lt

yoga [06:11 PM, 21-Jan-13]

Wa'alaikum slam hehe

Ahmad Sakai [06:31 PM, 21-Jan-13]

Wa'alaikum salaam Wr'wB
Makasih bxk ilmu and share.na...moga bermanfaat untk smua aamiin

John Kampret [07:05 PM, 21-Jan-13]

Wa'alaikumsalam Wr wB

trmksh artikelnya

ikoz [07:11 PM, 21-Jan-13]

waalaikumsalam.
Nice dah..

musik indonesia [07:31 PM, 21-Jan-13]

memperingati maulid nabi

Habirauwap [07:45 PM, 21-Jan-13]

Wah nice Info Mas Bro

Tumenggung 666 [07:59 PM, 21-Jan-13]

walaikum salam, sungguh ilmu yg besar akan kita dapat bila mencontoh teladan nabi di atas.. tapi setau saya peringatan maulud nabi tergolong Bid'ah, karena itu hanya sekedar budaya. Saya pernah membaca sebuah hadist (shahih) yg kira2 demikian "hanya orang kafir (firaun, Yesus) yang hari kelahiran dan kematiannya diperingati secara besar2an"
tapi bila menilik kebiasaan sahabat, kalo maulid nabi itu baik, pasti mereka akan melakukannya dari dulu. Sampe saat ini saya belum pernah menemukan riwayat yg membenarkan budaya tersebut dalam islam. Terimakasih, maaf kalo ada salah kata.
Wassalam.

Tumenggung 666 [08:04 PM, 21-Jan-13]

karena islam di indonesia dibawa oleh walisongo, maka akulturasi kebudayaan hindu di padukan dengan islam. dan maulid nabi salah satunya, karena memperingati kelahiran dan kematian dewa2 tu menjadi budaya mereka waktu itu.
kalo kita mau menilik budaya islam asli, sebenare hal itu ga pernah ada. Shalawat emang ada, tapi bila shalawat itu diucapkan bersama2 menggunakan pengeras suara, lalu mengganggu warga sekitar, bukankah itu malah mengundang dosa?

Maria [08:40 PM, 21-Jan-13]

@Tumenggung 666, peringatan maulid nabi memang bid'ah tp bid'ah hasanah

Eko27 Mobile Blog [08:46 PM, 21-Jan-13]

Wa'alaikumsalam wr. wb

Artikelnya bagus...
Ditunggu kunbalnya yah...
Salam MWB...

Ijoey [09:13 PM, 21-Jan-13]

Nice post sistah:..
Saloettt biggrin

Niko [09:57 PM, 21-Jan-13]

met malem gan biggrin wah mantap gan

Alfa73 [11:56 PM, 21-Jan-13]

Wa'alaikissalam wr wb..
Tak bisa terucap kata kalau tentang baginda nabi Muhammad saw. Semua makhluk lahir dari Nur ruhnya beliau.

Allahumma shalli wa sallim wa baarik 'alahi.

Baginda nabi jg memperingati hari kelahiran beliau sendiri dgn berpuasa.


Soal berkumpul membaca sholawat bersama sama:
- Para aulia (pewaris nabi) yg lebih mengetahui tentang baginda nabi dr pada kita yg hanya mengetahui hadist dr membaca buku dan hafalan tak kan mungkin memyuruh umat untuk berbuat/beramal yg tidak sesuai dgn sunnah nabi.

Artikel bagus sist. Mangga di lanjutkan.

Tumenggung 666 [12:13 AM, 22-Jan-13]

وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ
HR. Muslim no. 867

eldi [12:17 AM, 22-Jan-13]

wa.alaikhum salam...
mantab post.a
Salam kenal eaw...
http://eldimachbary.mywapblog.com/nabi-muhammad-pembawa-rahmatallil-alamin.xhtml

idii [12:51 AM, 22-Jan-13]

Allahuma sholi ala muhammad..
sampe gak nyadar ini udah bulan rabiul awal..

Juvit Revant [01:00 AM, 22-Jan-13]

jalan2 malam sambil nyimak smile

SimonS Blog [03:00 AM, 22-Jan-13]

Waalaikum salam. Sebuah tulisan yang sangat bgus sob. Tanks ya.

Dzeerr [03:20 AM, 22-Jan-13]

kunjungan dini hari bro, mf terlambat..


http://dzeerr.com

Hadi Is [05:31 AM, 22-Jan-13]

Wa'alaikumsalaam wr.wb
Niatkan amalan2, seperti membaca Shalawat Diba' untuk mencari syafa'at...
Allaahumma shalli 'alaa sayyidina wa maulana muhammad..
Lanjuuut..

GusNo Michael [08:16 AM, 22-Jan-13]

Selamat memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Arlhana [09:22 AM, 22-Jan-13]

Hadir master ya tinggal 3hari lagi perayaan Maulid ni....

MbapsInKdp [10:10 AM, 22-Jan-13]

Wa'alaikumsalam,,, artikel yang paling bermutu nih buat nambah pengetahuan tentang agama... Siip deh...

Ibrahimz Fisabilillah [02:42 PM, 22-Jan-13]

assalamu'alaikum..

Bentar lagi Maulid Nabi ya..

Maaf ane baru bisa berkunjung kembali keblog sobat..
Syukran udah share..!! biggrin

Sinyo [07:26 PM, 22-Jan-13]

walaikumsalam
ikutan kontes jg sob

Maria [11:03 PM, 22-Jan-13]

@Alfa73, terima kasih telah mendukung sy sob. And betul bgt semua makhluk berasal dr Nur Muhammad. Tanpa Nur Muhammad kita smua tak kan pernah ada. Jd tak berlebihan rasanya bila kita bergembira dan memperingati maulid Nabi.

Bahkan diceritakan bahwa abu lahab yg mendapat siksa selamanya, tiap hari senin tangannya keluar air yg bs diminum, keringanan seperti itu disebabkan cuma karna dia bergembira waktu mendpt kbr bhwa telah lahir keponakannya yaitu Nabi Muhammad.

Maria [11:07 PM, 22-Jan-13]

@Tumenggung 666, bisa tolong definisikan bid'ah itu apa? Maaf sy cuma ingin tau.

Maria [11:09 PM, 22-Jan-13]

@idii, Allahumma shalli 'alaih

Maria [11:13 PM, 22-Jan-13]

@Hadi Is, Allahumma shalli 'alayh.

@sinyo, sekedar ikut meramaikan peringatan maulid Nabi sob

@all, terima kasih sudah menjawab salam dan berkomentar

Tumenggung 666 [01:13 AM, 23-Jan-13]

kita sdkt punya pandangan yg berbeda soal bid'ah..
Apapun keyakinan anda, semoga kita diberi hidayahNya..
Maaf,hapus aja komen saya diatas,maklum ilmu saya masih dangkal soal agama.

Ervan Setiawan [05:26 AM, 23-Jan-13]

walaikumsalam..

mksh sudah mengingatkan Kak..

makin cantik aja wajahnya hehe

Maria [05:48 AM, 23-Jan-13]

@Tumenggung 666, sy jg masih belajar kok makanya sy bertanya, and sy jg cuma org awam. Mungkin saling menghormati perbedaan pendapat masing2 itu lebih baik supaya terjaga kerukunan intern umat Islam. Bukankah pelangi itu indah karena adanya perbedaan warna?

fauzannafarin [07:38 AM, 23-Jan-13]

kunjungan balik nih sob
ma'af jarang hadir

DHEKILL MWB [08:18 AM, 23-Jan-13]

wah mantap nih . .nice info masta
smile
di tggu kunbal.y gan
ada game java cars baru

fathul ikhsan [08:32 AM, 23-Jan-13]

astikel yg sangat keren sobat.di tunggu kehadiran anda di gubug ana.

ʃƪRIOƪʃ [01:07 PM, 23-Jan-13]

mantep kunbal domg ada yg baru nie..
http://justzrio.heck.in/download-opera-mini-handler-aneka-skin-t.xhtml

Dont Touch Me [08:57 PM, 23-Jan-13]

Waalaikum salam. . . Maulid nabi ne

Asebful [06:29 AM, 24-Jan-13]

waalaikumsalam
warahmatullahi
wabarakatuh.
Wah kalo habib lutfi sering ikut jg tuh kmn2 , .
Shollu 'alan nabiy

sy bingung dg org2 yg tdk stju d adakan perayaan maulud , baca sejarah tokoh2 dunia kok gpp tp gliran sejarah nabinya dbca malah ngambek .
Hadewwww
smg mndpt hdyah amin

Wiradz [01:32 PM, 24-Jan-13]

sangat bermanfaat bagus bangets artikelnya

santri xsell [08:46 AM, 10-Feb-13]

winkkunjungan pertama sob.....smile
Salam kenal.....redface
Di tunggu kunbal n pollbeck....down-arrow
http://xmanboy.heck.in

Vhari Selalu Berbagi [01:33 PM, 13-Feb-13]

assalamu'alaikum...
juara 5 mbak...
Silahkan liat inbox fb.. Dtggu nmernya.

Vhari Selalu Berbagi [01:33 PM, 13-Feb-13]

assalamu'alaikum...
juara 5 mbak...
Silahkan liat inbox fb.. Dtggu nmernya.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images